Diduga Acara Eks HTI, Polisi Periksa Panitia Metamorfshow dan Manajemen TMII

- 23 Februari 2024, 20:25 WIB
Ilustrasi: Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).
Ilustrasi: Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). /Dok. Pikiran Rakyat/

PIKIRAN RAKYAT JABODETABEK - Manajemen Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan penyelenggara acara puncak bertajuk "Metamorfoshow: It's Time to be One Ummah" diperiksa Polres Metro Jakarta Timur.

Diduga acara tersebut digelar oleh eks organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Teater Tanah Airku, TMII.

"Dari panitia penyelenggara sudah dimintai keterangan. TMII juga sudah memberikan keterangan, namun saat ini masih dalam penyelidikan," kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly, Jumat, 23 Februari 2024, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Transaksi Jual Beli Bayi di Jakarta Barat Berujung Bui, Penjual dan Pembeli Terancam 10 Tahun Penjara

Nicolas menjelaskan, penyelenggara acara itu telah meminta izin keramaian kepada Polsek Cipayung terkait kegiatan peringatan Isra Mi'raj di TMII.

Namun, dalam izin keramaian itu tidak ada penggunaan simbol-simbol atau nama organisasi terlarang di Indonesia.

"Mereka hanya menggunakan nama kegiatan 'Metamorfoshow: It's Time to be One Ummah'. Intinya, tidak ada menggunakan simbol-simbol organisasi terlarang. Jadi, dalam surat izinnya ke Polsek Cipayung bukan kegiatan politik atau apa. Hanya peringatan Isra Mi'raj," katanya.

Kendati demikian, pihaknya akan menyelidiki lebih lanjut kegiatan yang menghadirkan 1.200 orang anak muda pada Sabtu, 17 Februari 2024, itu.

"Mungkin ada hal-hal yang perlu kita dalami. Kita tanyakan kepada mereka, maksud digelarnya acara itu. Apalagi itu mengumpulkan 1.200 generasi muda. Mereka lapor ke kita bahwa kegiatan Isra Mi'raj, tapi bila dalam kenyataannya bertolak belakang dengan maksud dan tujuan itu. Itu yang perlu kita perdalam," kata Nicolas.

Sementara itu, Kepala Seksi Humas TMII, Novera Mayang mengatakan sebelum acara itu digelar pihaknya telah menerima surat dari panitia penyelenggara terkait kegiatan Peringatan Isra Mi'raj 1445 Hijriah di Teater Tanah Airku, pada Rabu (7/2).

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x