Saat Bekerja, Minum Kopi yang Baik di Pagi Hari atau Sore ?

- 6 Juli 2021, 19:10 WIB
Minum kopi hitamberpotensi kopi menurunkan 20 persen risiko kematian pada pria, dan 26 persen pada wanita dalam rentan umur 18-24 tahun.
Minum kopi hitamberpotensi kopi menurunkan 20 persen risiko kematian pada pria, dan 26 persen pada wanita dalam rentan umur 18-24 tahun. /Shutterstock

MEDIA JABODETABEK – Bagi siapapun yang mengandalkan kopi untuk tetap terjaga pada saat bekerja sangat akrab dengan khasiatnya. Kopi dapat merangsang sistem sarad tubuh, membantu kita berkonsentrasi dan mempercepat waktu reaksi.

Kopi tentu saja memiliki kelemahan juga. Bagi yang mengonsumsi banyak kafein juga akan mengalami efek samping negatif seperti memperlambat jalan pikiran, bicara yang bertele-tele, kedutan otot, mual, cemas dan insomnia.

Namun kita tahu bahwa perasaan terjaga setelah secangkir kopi rata-rata dapat bertahan lebih dari enam jam.

Baca Juga: Tidak Perlu Khawatir dan Panik Beli, Ini Daftar Suplemen Alami yang Disarankan Oleh Dokter Tirta

Itulah mengapa pengaturan waktu juga penting. Jadi, kapan waktu terbaik untuk meminum kopi dalam sehari jika kamu menginginkan dorongan terbaik di tempat kerja?

Bagi orang dewasa muda yang lelah, kopi di pagi hari dapat meningkatkan kinerja. Sebuah studi pada tahun 2016 melibatkan mahasiswa yang merupakan peminum kopi biasa.

Para peneliti menguji mereka pada ujian memori pada pukul 6 pagi dan 2 siang dan menemukan bahwa mereka yang diberi minuman kopi sebelum ujian pagi mereka menunjukkan peningkatan kinerja. Sebelum tes siang berlangsung mereka tidak diberi kopi.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan dan Buah Penguat Imun, Cocok Dikonsumsi Selama Pandemi Covid-19

Namun, jangan mengabaikan manfaat kopi di sore hari. Orang dewasa yang lebih tua cenderung mengalami penurunan kinerja memori dari pagi hingga sore.

Halaman:

Editor: Ricky Setiawan

Sumber: Huffpost


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X