Mana yang Dipilih Para Calon Ibu Masa Kini Saat Memeriksa Kehamilan, Bidan atau Dokter  

- 13 Januari 2021, 17:01 WIB
Wanita hamil /pixabay/ tatyanaBuzmakova_Krasnova

 

MEDIA JABODETABEK - Momen kehamilan dan persalinan merupakan proses fisiologis yang akan dialami oleh hampir setiap wanita. Tak sedikit selama perjalanannya, calon ibu baru dihadapkan oleh sejumlah pilihan, salah satunya menentukan jasa tenaga kebidanan.

Pemilihan bidan ataupun dokter kandungan tentu dilakukan oleh setiap wanita berdasarkan banyak pertimbangan. Untuk mengetahui beberapa alasannya, salah satu situs kesehatan melakukan sebuah survei secara online selama sepekan.

Ada 824 wanita dari seluruh Indonesia yang mengisi survei. Sebanyak 638 responden (77,4%) wanita memilih untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Ada beberapa faktor yang membuat para wanita merasa lebih nyaman untuk mengonsultasikan kehamilannya kepada dokter kandungan.

Baca Juga: Tiga Cara Ampuh Kamar Mandi Bersih Terawat

Faktor utama yang paling menonjol adalah ketersediaan fasilitas dan pelayanan yang lengkap. Sebanyak 385 wanita atau sekitar 60,3% dari total responden memilih alasan ini ketika memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Faktor lain yang juga cukup menjadi pertimbangan adalah dokter kandungan dirasa memiliki kompetensi  lebih baik dibandingkan bidan (31,2% atau 199 responden). Sedangkan 5,8% atau 37 responden memilih dokter kandungan karena memang ada kondisi medis selama kehamilan.

Jika dilihat lebih lanjut, keberadaan dokter kandungan yang umumnya ada di kota besar serta kompetensi yang dimiliki, memang membuat pelayanan kebidanan dokter kandungan dirasa lebih lengkap.

“Jika ada kasus-kasus tertentu dalam kehamilan atau persalinan, maka harus ditangani oleh dokter kandungan. Karena yang memiliki kompetensi itu adalah dokter spesialis. Selain itu, pemeriksaan USG saat ini juga hanya dapat dilakukan di dokter kandungan,” jelas dr. Ulul Albab, Sp.OG., selaku Sekretaris Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi (POGI) Cabang Jakarta

Halaman:

Editor: Irwan D


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X