Ingin Beli Software Absen? Berikut Fitur-Fitur yang Wajib Ada

- 18 November 2022, 09:15 WIB
Ilustrasi absensi mobile
Ilustrasi absensi mobile //Pixabay/NeiFo


MEDIAJABODETABEK - Software absen memungkinkan proses absensi karyawan di perusahaan lebih simpel, praktis dan akurat. Perusahaan dapat mengelola kehadiran karyawan sekaligus melakukan monitoring terhadap kinerja karyawan. Sedangkan, bagi karyawan sendiri, adanya software absen mempermudah karyawan untuk menginput kehadirannya secara fleksibel dengan mudah.

Pengelolaan SDM tanpa terbatas waktu dan ruang, secara real time melalui aplikasi absensi adalah terobosan terbaru yang harus dipenuhi perusahaan untuk memenuhi tantangan digitalisasi. Aplikasi absensi menjadikan perusahaan lebih kompetitif, bahkan bisa mengurangi beban kerja tim HRD untuk mengelola SDM perusahaan. Karena data karyawan secara otomatis langsung terinput tanpa harus mendatanya Kembali secara manual.

Fitur-Fitur Pada Software Absen
Software absen karyawan biasanya bersifat kompatibel karena dapat digunakan di seluruh perangkat karyawan. Pemakaian sistem absensi online membuat semuanya lebih ringkas, karena karyawan bisa mengakses layanan absensi online melalui masing-masing perangkat yang digunakan. software absen telah disematkan beberapa fitur menarik, sebagai berikut :

Baca Juga: HRD Wajib Tahu, Ini Fungsi dan Manfaat Software Payroll

Melakukan Absen Tanpa Batas Waktu dan Tempat
Melalui software absen, setiap karyawan dapat melakukan absen secara online tanpa harus berada di kantor sekalipun. Sehingga mempermudah proses absensi karyawan yang sedang melakukan perjalanan bisnis atau sedang ada keperluan. Mengingat layanan absensi online ini memungkinkan karyawan selalu melakukan absen secara tepat waktu.

Asalkan untuk mengoperasikan software ini, harus terkoneksi jaringan internet, dengan begitu tak perlu lagi repot-repot menginput kehadiran. Berbeda dengan sistem absensi melalui fingerprint, yang cukup ribet karena mengharuskan karyawan berkumpul di dalam kantor dan tidak dapat melakukan absensi dimana saja.

Merekomendasikan Jam Kerja
Software absen juga membuat perusahaan bisa merekomendasikan jam kerja dan jam pulang kepada setiap karyawan. Menjadikan karyawan lebih disiplin, karena bisa datang maupun pulang di waktu yang tepat. Selain itu, memudahkan karyawan yang melakukan overtime atau lembur terkait jam lemburnya. Hal ini membuat tim HRD tidak perlu repot lagi mendata karyawan yang lembur dan melakukan perhitungan upah lembur.

Bahkan jika ada karyawan mengadakan rapat yang berlangsung di luar kantor, maka perusahaan dapat mengestimasikan lamanya waktu meeting tersebut. Jika karyawan melakukan rapat dengan tepat waktu, dampak baiknya ialah bisa meningkatkan efektivitas waktu kerja karyawan. Sehingga mereka bisa mengerjakan tugas lainnya secara efektif.

Baca Juga: 10 Ucapan Selamat HUT Arhanud TNI AD ke 76 untuk Dijadikan Caption di Twitter dan Instagram

Melacak Posisi Karyawan dengan Akurat
Software absen membuat perusahaan bisa melacak posisi karyawan dengan cara yang akurat. Bahkan bagi karyawan yang sedang rapat di luar pun, memudahkan perusahaan mengetahui posisi tepatnya keberadaan karyawan tersebut. Sehingga tidak ada lagi yang namanya kecurangan akibat karyawan yang belum tidak di lokasi tempat meeting dilakukan. Karena karyawan yang curang bisa langsung diketahui, Ketika mereka menginput absen saat bukan di lokasi yang telah ditetapkan perusahaan.

Halaman:

Editor: Ricky Setiawan


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini